RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
MATA PELAJARAN : BHS. INDONESIA
KELAS/SEMESTER : XII/I
PERTEMUAN/UNIT : 1-3/PIDATO
ALOKASI WAKTU : 1XPERTEMUAN (2X40 MENIT)
Standar kompetensi
Mampu mengungkapkan gagasan, pendapat, pikiran, dan perasaan dalam berbagai wacana lisan nonsastra melalui menaggapi informasi tertentu ( tanggapan dalam seminar, pidato, dan menyampaikan inti sari bacaan).
Kompetensi dasar
berpidato tanpa teks
Indicator :
- Siswa harus lancar membawakan pidato tanpa teks dengan lafal, intonasi, nada dan sikap yang tepat.
- Mencatat hal-hal yang perlu diperbaiki dari pidato yang disampaikan teman.
- Memperbaiki cara berpidato dan isi pidato berdasarkan catatan atau masukan teman.
Materi Ajar :
Buku Kompetensi Bahasa dan Sastra Indonesia. Penerbit Literatur Media Sukses.
Metode Pembelajaran :
- Diskusi
- Tanya jawab
- Latihan
Kegiatan Pembelajaran.
a. Kegiatan awal :
- Guru memberi salam kemudian siswa menjawab.
- Guru menjelaskan tentang pidato.
b. Kegiatan inti :
- Siswa diminta berpidato tanpa teks.
- Siswa diminta menjawab pertanyaan-petanyaan yang disediakan.
c. Kegiatan akhir :
- Siswa diminta berkerja sama dengan teman-temannya untuk memberikan masukan berdasarkan pidato yang dibacakan.
Sumber/Bahan/Alat :
- Buku Kompetensi Bahasa dan Sastra Indonesia SMA kelas XII : Penerbit Literatur Media Sukses.
Penilaian :
- Tes lisan/tertulis.
- Pengamatan guru.
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru kelas
Syamsul Bachri
…………………………… …………………………….
NIP : ……………………. NPM :08601020016